PT. DUTA BUANA MANDIRI
Your Preferred Energy Partner
> News > Detail

Indonesia Punya 23,99 Miliar Ton BatuBara yang Tersembunyi

Saturday, 24 June 2017 at 17:36 WIB



Cadangan batu bara Indonesia yang sudah terbukti saat ini tercatat sebesar 8,26 miliar ton. Dengan produksi per tahun hampir 400 juta ton, maka cadangan batu bara yang terbukti cukup untuk 20 tahun ke depan.

Tapi sebenarnya masih ada potensi cadangan batu bara yang belum terjamah alias 'masih perawan', jumlahnya mencapai 23,99 miliar ton. Terdiri atas 6,2 miliar ton batu bara kalori rendah, 16,48 miliar ton batu bara kalori sedang, 545,2 juta ton batu bara kalori tinggi, dan 761,51 juta ton batu bara kalori sangat tinggi.

"Jumlah cadangan terbukti batu bara 8,3 miliar ton. Tapi masih ada cadangan potensial yang jumlahnya 3 kali lipat dari itu. Jadi total seluruh cadangan batu bara bisa 4 kali lipat dari yang sudah terbukti," kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial. Selasa (8/2/2017).

Ia menambahkan, 24 miliar ton cadangan batu bara yang belum tersentuh ini tak sulit untuk ditemukan. Eksplorasi batu bara jauh lebih mudah dibanding eksplorasi migas, risikonya jauh lebih kecil.

"Eksplorasinya mudah, batu bara kan terperangkap di permukaan, beda sama minyak. Perhitungan cadangannya juga lebih tepat (dibanding migas)," paparnya.

Hanya butuh waktu beberapa bulan saja untuk menemukan cadangan batu bara, beda dengan migas yang bisa sampai lebih dari 6 tahun. "Kira-kira hanya beberapa bulan saja, tak sampai tahunan," tutupnya.

Berdasarkan peta cadangan batu bara yang dibuat Kementerian ESDM, sebagian besar cadangan berada di Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Ada juga sebagian kecil di wilayah lain seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sumber : detikcom