PT. DUTA BUANA MANDIRI
Your Preferred Energy Partner
> News > Detail

Cadangan Batubara Terbesar RI Ada di Sumatera Utara

Friday, 25 January 2013 at 17:44 WIB




Saat ini, hampir 93% ekspolorasi dan eksploitasi batubara ada di Kalimantan, padahal cadangan batubara paling besar tidak ada di Kalimantan melainkan ada di Sumatera Utara.

Seperti dikatakan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM R Sukhyar, sebenarnya cadangan batubara paling besar bukan ada di Kalimantan, tetapi ada di Sumatera Utara.

"Kalau dari resource atau cadangan yang ada, batubara kita paling banyak bukan di Kalimantan, tetapi ada di Sumatera Utara," kata Sukhyar usai menghadiri Lokakarya Pertimbangan Geologi untuk Pembangunan Jembatan Selat Sunda, Serang, Sunda, Selasa (27/11/2012).

"Memang pasokan batubara paling besar ada dari Kalimantan, di mana eksplorasi dan eksploitasi tambang batubara 93% ada di Kalimantan, sedangkan di Sumatera Utara hanya 7% saja," ucapnya.

Dikatakan Sukhyar, ekplorasi dan eksploitasi tambang batubara banyak di Kalimantan, karena infrastruktur di Kalimantan lebih banyak terbangun dari pada di Sumatera Utara.

Namun, melihat cadangan batubara di Sumatera Utara yang sangat besar, pembangunan PLTA dan investasi kedepannya di daerah tersebut sangat menjanjikan.

"Saya tentu mengapresiasi rencana pembangunan PLTA di Sumatera Utara, hal ini nantinya akan berimbas pada makin banyaknya investor yang masuk karena tersedianya energi yang cukup di daerah tersebut," kata Sukhyar.