PT. DUTA BUANA MANDIRI
Your Preferred Energy Partner
> News > Detail

Bos PLN: 50% Pembangkit Listrik RI Pakai Batubara

Monday, 22 October 2012 at 20:56 WIB



PT PLN (Persero) menyatakan 50% pembangkit listrik di tanah air sudah menggunakan bahan bakar batubara. Perusahaan listrik plat merah ini berencana menekan penggunaan BBM. Demikian disampaikan Direktur Utama PLN Nur Pamudji saat ditemui usai peresmian PLTU berkapasitas 1 X 660 megawatt (MW) di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (18/10/2012). "Sebanyak 50% itu batubara dan 5% geothermal (panas bumi), sisanya yang lain," kata Pamudji.

Penggunaan batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik adalah salah satu jalan efektif di tengah membengkaknya subsidi BBM yang diberikan pemerintah. Di 2012, pemerintah mengalokasikan dana Rp 300 triliun untuk subsidi energi. Dari dana tersebut, Rp 200 triliun digunakan untuk subsidi BBM dan Rp 100 triliun untuk subsidi listrik. Pamudji mengatakan, sebesar 62% pembangkit listrik di Jawa-Bali menggunakan bahan bakar batubara. "Jawa-Bali itu 62% dari batubara, geothermal hanya 6%," tuturnya.

PLN terus memperluas jaringan listrik ke seluruh nusantara. Pamudji mengaku, saat ini sudah ada 73% rumah tangga di tanah air teraliri arus listrik. "Ada 73% yang sudah teraliri, itu berarti masih ada 12 juta rumah tangga yang belum teraliri listrik," tegasnya.