PT. DUTA BUANA MANDIRI
Your Preferred Energy Partner
> News > Detail

Harga Batubara RI Ditentukan oleh Newcastle Index

Monday, 28 October 2013 at 14:24 WIB



Indonesia merupakan salah satu negara pemasok batubara terbesar di dunia. Namun harga patokan batubara masih ditentukan di luar negeri melalui indeks harga batubara internasional yaitu Newcastle Index.

"Indonesia adalah salah satu negara pemasok terbesar batubara di dunia, namun patokan harga batubara saat ini berdasarkan Newcastle Index," ucap Ketua Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu ditemui di kantornya Graha Irama, Kuningan, Selasa (8/10/2013).

Bob mengungkapkan tahun ini produksi batubara Indonesia diperkirakan mencapai 300 juta ton-400 juta ton. "Dari produksi 300 juta ton batubara tersebut yang hanya bisa diserap pasar dalam negeri hanya 70 juta ton tahun ini, sisanya itu diekspor ke luar negeri," ungkapnya.

Namun yang ironis, saat ini harga batubara terus turun akibat terus dipengaruhi turunnya permintaan karena faktor ekonomi global.

"Saat ini berdasarkan Newcastle Index harga masih US$ 86-US$ 87 per ton, padahal harga yang ekonomis dan menguntungkan itu di atas US$ 90 per ton," katanya. Saat ini APBI mencoba untuk duduk bersama dengan para produsen batubara agar tidak lagi harga batubara ditentukan di luar negeri.

"Kita duduk bersama, bagaimana agar sebagai produsen terbesar batubara harga tidak ditentukan orang lain, atau seperti negara-negara produsen minyak mereka membentuk OPEC, jadi ke depan harga batubara ini tidak dianggap sebagai perdagangan komoditas, tetapi untuk kepentingan energi," tutupnya.